Sabtu, 06 April 2013

HUBUNGAN DIPLOMATIK DAN SUAKA POLI TIK INDONESIA


Oleh : Agus sarwo Prayogi

BAB I
PENDAHULUAN
Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan seperangkat hak yang menjamin derajatnya sebagai manusia. Hak-hak inilah yang kemudian disebut dengan hak asasi manusia, yaitu hak yang diperoleh sejak kelahirannya sebagai manusia yang merupakan karunia Sang Pencipta. Karena setiap manusia diciptakan kedudukannya sederajat dengan hak-hak yang sama, maka prinsip persamaan dan kesederajatan merupakan hal utama dalam interaksi sosial. Namun kenyataan menunjukan bahwa manusia selalu hidup dalam komunitas sosial untuk dapat menjaga derajat kemanusiaan dan mencapai tujuannya. Hal ini tidak mungkin dapat dilakukan secara individual. Akibatnya, muncul struktur sosial. Dibutuhkan kekuasaan untuk menjalankan organisasi sosial tersebut.
Dalam tatanan kehidupan dunia, tidak ada satu negara pun yang dapat mengisolasi diri dari pergaulan internasional. Jalinan kerja sama dan membuka hubungan diplomatik dengan negara lain sangat diperlukan untuk berbagai kepentingan mulai dari ekspor impor produksi dan rasa ketergantungan lainnya.  
Beberapa tahun yang lalu lima orang pemuda Timor Timur masuk ke kantor Kedutaan Besar asing di Jakarta untuk minta suaka. Mereka mengaku sebagai clendestein (suatu gerakan bawah tanah) anti integrasi Timor Timur ke dalam wilayah RI, yang merasa terancam keselamatannya. Sementara itu pemerintah RI menyatakan, bahwa kelima pemuda Timor Timur tersebut bukan clendestein, melainkan anggota Gerakan Pengacau Keamanan  (GPK), sehingga mereka dianggap bukan sebagai political refugee (pelarian politik), tetapi sebagai pelaku tindak pidana biasa yang tak patut diberi suaka.  
Kasus ini, sama halnya dengan kasus-kasus permintaan suaka pada umumnya, misalnya kasus permintaan suaka para pembelot Korea Utara ke Kedutaan Besar Korea Selatan di Luar Negeri, atau permintaan suaka para pembangkang China ke Kedutaan Besar Taiwan di mancanegara, tentu sajamenjadikan politik sebagai aspek penting. Namun disamping itu, persoalan penting yang juga muncul adalah persoalan hukum internasional. Persoalan ini khususnya berkaitan dengan ketentuan-ketentuan hukum internasional mengenai suaka.
Meskipun pencarian dan pemberian suaka secara umum sudah dipraktikkan oleh negara-negara dalam jangka waktu yang cukup lama, isu ini tetap mengalami dinamika, baik dalam praktik maupun dalam diskursus hukum internasional. Masalah suaka seringkali dianggap merupakan persoalan politik semata, padahal persoalan yang tidak kalah pentingnya adalah persoalan hukum, khususnya hukum internasional. Suaka diplomatik adalah suaka yang diberikan kepada orang yang meminta perlindungan di wilayah perwakilan diplomatik negara asing. Masalah yang sering muncul dalam kaitan ini adalah apakah orang-orang  yang minta suaka di wilayah perwakilan asing/di kantor Kedutaan Besar asing tersebut dapat diberikan suaka ataukah tidak


BAB II
SUAKA POLITIK
A. PENGERTIAN :
Suaka, yang dalam bahasa asing disebut asylum, pada dasarnya merupakan suatu bentuk perlindungan yang diberikan oleh suatu negara kepada warga negara lain yang terancam keselamatannya.
 Suaka politik merupakan gagasan yuridiksi di mana seseorang yang dianiaya untuk opini politik di negerinya sendiri dapat dilindungi oleh pemerintah berdaulat lain, negara asing, atau perlindungan gereja di Abad Pertengahan. Suaka politik merupakan salah satu hak asasi manusia, dan aturan hukum internasional. Seluruh negara yang menerima Konvensi Terkait Status Pengungsi PBB wajib mengizinkan orang yang benar-benar berkualifikasi datang ke negerinya. 
Orang-orang yang memenuhi syarat-syarat suaka politik adalah mereka yang diperlakukan buruk di negerinya karena masalah : 
1. Ras
3. Agama
4. Opini politik
5. Keanggotaan kelompok atau aktivitas sosial tertentu.
Orang-orang yang diberikan suaka politik disebut pengungsi. Mereka sering dikelirukan dengan "pengungsi ekonomi", yang merupakan orang-orang yang pindah dari suatu negara miskin ke negara kaya agar dapat bekerja dan menerima uang yang dapat dikirimkan pada keluarga mereka di negeri asal. Pengungsi ekonomi sering menjadi sasaran empuk bagi sejumlah politikus dan media massa yang mengatakan bahwa para pengungsi tersebut merebut pekerjaan dari penduduk negeri setempat.
Terhadap masalah suaka politik antara pengusiran dan pengasingan penjahat perlu dibedakan antara penjahat dari penduduk negeri. Perlu diketahui bahwa secara historis, istilah suaka (asylum) mulai timbul dan sering terjadi di negara-negara Amerika Latin sehingga kebiasaan-kebiasaan ini dapat digolongan pada kebiasaan internasional regional yakni kebiasaan internasional yang berasal dari daerah tertentu atau kawasan tertentu dalam hal ini yakni negara-negara Amerika Latin. Suaka berasal dari bahasa Yunani yakni “asylon” atau “asylum” dalam bahasa Latin, yang artinya tempat yang tidak dapat dilanggar di mana seseorang yang dikejar-kejar mencari tempat berlindung. Masalah permintaan suaka ini dan pemberian suaka bukanlah muncul pada beberapa tahun ini saja. Untuk waktu yang lama, suaka diberikan kepada pelarian pada umumnya, terlepas dari sifat perbuatan atau tindak pidana yang dilakukan oleh pencari suaka yang menyebabkannya dikejar-kejar. Dalam waktu yang lama pelaku tindak pidana biasa pun, yang mendapat suaka di negara lain, tidak diekstradisikan.
Keadaan ini baru berubah pada abad ke-17, di mana berbagai pakar hukum internasional Belanda yang terkenal Grotius, menggariskan perbedaan antara tindak pidana politik dan tindak pidana biasa dan menyatakan bahwa suaka hanya dapat diklaim oleh mereka yang mengalami penuntutan (presecution) politis atau keagamaan. Sejak abad pertengahan ke-19 sebagian besar perjanjian ekstradisi mengakui prinsip non ekstradisi bagi tindak pidana politik, kecuali yang dilakukan terhadap kepala negara.
B. TERMINOLOGI SUAKA POLITIK
Secara terminologi suaka politik adalah perlindungan yang diberikan oleh suatu negara kepada orang asing yang terlibat perkara/kejahatan politik di negara lain atau negara asal pemohon suaka. Kegiatan politik tersebut biasanya dilakukan karena motif dan tujuan politik atau karena tuntutan hak-hak politiknya secara umum. Kejahatan politik ini pun biasanya dilandasi oleh perbedaan pandangan politiknya dengan pemerintah yang berkuasa, bukan karena motif pribadi. Suaka politik merupakan bagian dari hubungan internasional dan diatur dalam hukum internasional atas dasar pertimbangan kemanusiaan. Setiap negara berhak melindungi orang asing yang meminta suaka politik.
Masalah suaka terdapat kaitannya dengan masalah ekstradisi, dan deportasi. Kebebasan suatu negara untuk memberikan suaka kepada seseorang sampai batas tertentu saling tumpang tindih dengan kekuasaan untuk menolak ekstradisi dan penyerahan orang itu atas permintaan negara lain, dan saling tumpang tindih itu terlihat sekali dalam pemberian suaka kepada tokoh-tokoh politik, yang menurut ketentuannya tidak dapat diekstradisikan
Konsepsi suaka (asylum) dalam hukum internasional meliputi dua unsur:
1. Tempat perlindungan (shelter), yang lebih dari pengungsian sementara semata-mata.
2. Suatu tingkat perlindungan aktif dari pihak penguasa wilayah tempat suaka.
Oleh karena itu, dalam konteks perkembangan hukum internasional, suaka dapat merupakan suaka wilayah (territorial asylum), yaitu perlindungan yang diberikan oleh suatu negara di wilayahnya. Sebagai contoh, Indonesia memberi suaka politik kepada orang asing yang masuk ke Indonesia. Sedangkan suaka ekstra-teritorial (diplomatic asylum), yaitu suaka yang diberikan oleh suatu kedutaan besar kepada orang yang bukan warga negaranya. Contoh suaka ini adalah orang asing yang memasuki wilyah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di luar negeri, atau Warga Negara Indenesia yang masuk kedutaan asing di Jakarta. 
Perbedaan prinsip antara kedua jenis ini mengalir dari fakta bahwa kekuasaan untuk memberikan suaka teritorial merupakan suatu peristiwa yang terjadi di dalam wilayahnya sendiri. Contoh suaka wilayah, ada banyak dan kelompok-kelompok pengungsi politik terdapat di banyak negara; tetapi, karena mereka bertempat tinggal di negeri lain, mereka tidak merupakan suatu ancaman besar bagi pemerintahannya sendiri.
Suatu situasi timbul dalam hal suaka diplomatik, di mana lawan politik dapat bertempat tinggal yang terlindung dan tidak dapat diganggu di tengah-tengah rakyatnya, dan dapat diharapkan, rakyat itu hendak diadu melawan pemerintahannya sendiri. Tidak dapat digangu gugatnya kompleks misi diplomatik menyebabkan misi demikan semenjak dahulu dicari sebagai tempat perlindungan.
Suaka politik jenis pertama mendapat jaminan dalam hukum internasional. Setiap warga negara berhak memberikan perlindungan politik kepada warga negara asing. Negara asal pencari suaka tersebut hanya dapat mengajukan permohonan pengembalian atau ekstradisi melalui saluran-saluran diplomatik. Sedangkan terhadap suaka politik jenis kedua (diplomatic asylum), hukum internasional tidak mengakui adanya hak kepala perwakilan suatu negara (duta besar) untuk memberi jaminan keamanan terhadap orang asing di gedung kedutaan besarnya, karena hal ini menyebabkn terbebasnya ia dari hukum dan keadilan di negara asalnya. Meskipun demikian, seorang kepada pemerintah setempat, bila tidak ada perjanjian antara kedua negara yang mengharuskannya untuk menyerahkan pencari suaka tersebut (ekstradisi).
Ada perbedaan prinsip dalam pemberian suaka ini. Dalam suaka teritorial, kekuasaan memberikan suaka merupakan hak dan atribut kedaulatan negara yang besangkutan sedangkan dalam suaka ekstrateritorial, kekuasaan memberikan suaka mengesampingkan kedaulatan teritorial negara. Artinya, seorang duta besar boleh memberikan perlindungan di gedung kedutaan besarnya kepda pemohon suaka, tanpa harus meminta persetujuan terlebih dahulu kepada kepala negaranya. Dalam hal ini ia berkuasa penuh menentukan layak tidaknya seseorang diberikan perlindungan. 
Di samping dua suaka di atas, masih ada lagi satu bentuk suaka politik, yakni suaka netral (netral asylum) dalam suaka bentuk ini, pemohon suaka tidak memasuki kedutaan asing atau lari ke suatu negara tetapi ia memilih tempat perlindungan ke gedung lembaga-lembaga internasional, seperti perwakilan PBB di Jakarta atau gedung Sekretariat ASEAN. Ia meminta suaka kepada pejabat lembaga-lembaga tersebut. 
Konsep suaka politik dalam hukum intenasional meliputi unsur pemberian naungan bersifat lebih dari pelarian sementara dan unsur-unsur pemberian perlindungan secara aktif oleh pembesar-pembesar negara yang memberi suaka. Orang yang mendapat suaka politik secara prinsip tidak dapat dikembalikan ke negara lain, kecuali negara yang meminta pemulangannya (ekstradisi) tersebut mengemukakan alasan-alasan logis agar peminta suaka diserahkan kembali. Pengembalian pemohon ini juga dapat dilakukan apabila sebelumnya antara negara yang melindungi dan negara tempat pelariannya memiliki perjanjian ekstradisi.
Sering terjadi dalam hubungan internasional, negara asal pelarian politik meminta kepada negara yang memberi suaka supaya pelarian tersebut diserahkan (diekstradisi) kembali ke negara asalnya. Dalam hal ini, pelarian tersebut tidak dapat dikembalikan ke negara asal tersebut, kecuali ada perjanjian sebelumnya antara kedua negara tentang ekstradisi (dalam konteks hubungan bilateral)
Untuk menyerahkan kembali ke negara asal orang yang meminta perlindungan harus dipenuhi empat syarat. Pertama, kejahatan yang dilakukannya bersifat subversif dan sangat membahayakan negara. Kedua, baik negara asal maupun negara pemberi suaka sama-sama memandang bahwa kejahatan yang dilakukan peminta suaka harus dihukum dengan ancaman hukuman. Kalau negara pemberi suaka tidak memandang kejahatannya sebagai tindak pidana, maka ia tidak dapat dikembalikan ke negara asalnya. Ketiga, pelaku yang meminta suaka adalah orang yang memang dapat diserahkan oleh negara pelindung. Keempat, sebelum diserahkan, harus ada jaminan dari negara yang meminta ekstradisi bahwa pelaku akan diproses dan dihukum sesuai dengan isi tuntutan yang termaktub dalam alasan ekstradisi. Hal ini dimaksudkan agar penyerahan peminta suaka ke negara asalnya benar-benar memenuhi rasa keadilan dan hak asasinya, sehingga ia tidak dirugikan dan rasa keadilan
C. PRAKTIK NEGARA-NEGARA TERHADAP SUAKA POLITIK
Hukum internasional tidak mengenal hak secara umum dari Kepala Perwakilan asing untuk memberikan suaka di dalam gedung perwakilannya, karena jelas bahwa tindakan semacam itu dapat menghalangi perundang-undangan setempat dengan berbuat sekehendak hatinya dan akan melibatkan suatu pelanggaran kedaulatan negara tempat perwakilan asing tersebut berada (Suryokusumo)
Hukum internasional modern pada umumnya tidak mengakui hak dari kepala perwakilan untuk memberikan suaka dalam gedung kedutaan. Pemberian tersebut agaknya dilarang oleh hukum internasional, sebab akibatnya dapat membebaskan pelarian dari pelaksanaan hukum dan keadilan oleh negara territorial.
Tiadanya hak umum untuk memberikan suaka diplomatik ditegaskan oleh Mahkamah Internasional dalam asylum case, yang memberlakukan apa yang dianggap hukum internasional regional dari negara-negara Amerika Latin mengenai suaka demikian.
Dalam keadaan luar biasa, suaka dapat diberikan di dalam gedung kedutaan (legation premises), yakni :
1. Seabagai tindakan yang bersifat sementara bagi individu yang secara fisik berada dalam bahaya amukan massa, atau pelarian itu berada dalam bahaya karena terjadinya perubahan politik secara mendadak, maka agaknya yang menjadi alasan pembenar adalah bahwa dengan pemberian suaka, ancaman yang sifatnya mendesak dapat diredam untuk sementara.
2. Suaka diplomatik diperbolehkan bilamana terdapat kebiasaan setempat yang bersifat mengikat, yang sudah lama diakui.
3. Karena adanya suatu perjanjian khusus (yang biasanya memperkenankan hak pemberian suaka bagi pelaku kejahatan politik) antara negara territorial (negara penerima) dan negara pengirim.
Masalah pemberian suaka dalam gedung perwakilan diplomatik timbul karena berbagai keadaan. Ada kemungkinan pada waktu pemberontakan atau perang saudara ataupun kudeta, para pemimpin dari golongan yang kalah atau anggota-anggota pemerintahan yang telah dipecat, dapat mencari perlindungan dalam gedung perwakilan diplomatik yang terletak di ibu kota. Juga bisa terjadi bahwa seseorang dapat mencari atau meminta perlindungan  setelah melakukan pembunuhan yang bersifat politik (political assassination) atau bahkan kejahatan biasa (common crime)
Praktik menunjukkan, bahwa tempat perlindungan sedemikian dalam gedung perwakilan hanya dapat diminta dalam keadaan mendesak, dan masalah yang sering timbul dan karenanya harus dipikirkan adalah apakah orang-orang tersebut dapat diberi suaka di dalam gedung-gedung tersebut ? dan berapa lama dapat diberikan ?
Dasar pelaksanaan hak suaka diplomatik adalah bahwa gedung perwakilan menikmati exterritoliality dan merupakan bagian dari wilayah negara asal wakil diplomatik itu. Terdapat banyak contoh, bahwa suaka diplomatik sering diberikan oleh negara dimana gedung perwakilannya dijadikan tempat meminta suaka. Praktik demikian itu berlangsung sampai abad ke 19. Namun dalam waktu akhir-akhir ini, praktik negara-negara tidak lagi meneruskan hak suaka, dan banyak negara termasuk Amerika Serikat secara tegas menolak hak suaka dalam hukum internasional.


BAB III
KASUS-KASUS MENGENAI TEMPAT PERLINDUNGAN SEMENTARA
Praktik negara-negara tampaknya memperlihatkan bahwa meskipun hak perlindungan diplomatik tidak diakui dalam hukum, namun dibuat suatu perbedaan antara suaka dan kasus-kasus mengenai tempat perlindungan sementara (cases of temporary refuge) dalam keadaan politik yang gawat. Dalam keadaan ini suaka sering diberikan atau diperkenankan. Dalam banyak kasus, suaka di dalam gedung Kedutaan Besar diperkenankan dan disetujui secara diam-diam oleh pejabat-pejabat setempat. Misalnya selama revolusi Spanyol pada tahun 1936, banyak pelarian termasuk warga negara Spanyol mencari perlindungan pada berbagai misi diplomatik di Madrid dan dalam beberapa hal tempat perlindungan itu diberikan. Kemudian Spanyol merubah sikapnya mengenai suaka diplomatik ini. Menteri Luar Negeri Spanyol menyampaikan kepada para anggota korps diplomatik, bahwa Spanyol menghormati hak suaka atasdasar semangat toleransi dan bukan karena diwajibkan untuk berbuat demikian dan dia mengancam untuk menghentikan praktik pemerintah dalam hal ini. Persoalan ini kemudian menimbulkan protes oleh berbagai misi diplomatik.
Amerika serikat yang secara konsisten mengambil sikap untuk tidak mengakuihak suaka, mengizinkan para pejabat diplomatiknya memberikan perlindungan sementara apabila memang diperlukan untuk melindungi jiwa orang yang tidak bersalah. Contoh-contoh bahwa Amerika Serikat memperkenankan diberikannya suaka diplomatik, memberikan petunjuk yang bermanfaat mengenai hal-hal apa yang patut diberikan tempat perlindungan sementara.
Dari kejadian-kejadian yang dilaporkan, bahwa para pejabat diplomatik Amerika Serikat diperkenankan memberikan perlindungan kepada para peminta suaka, maka tampaklah bahwa yang menjadi pertimbangan pihak Departemen Luar Negeri adalah adanya keperluan (neccessity) untuk menyelamatkan kehidupan orang yang tidak berdosa, alasan kemanusiaan demi membantu orang yang jelas-jelas terancam jiwanya, adanya ketentuan untuk melindungi para pelarian politik yang berada dalam bahaya, atas dasar kemanusiaan atau adanya bahaya amukan massa dan tindakan permusuhan.
Berdasarkan praktik yang dikemukakan diatas, maka tampak bahwa hak suaka dalam gedung perwakilan diplomatik tidak ada dalam hukum internasional, tetapi pada waktu yang bersamaan Kepala Perwakilan Diplomatik tidak berkewajiban mencegah seorang pelarian memasuki dan berlindung di dalam gedung perwakilan. Tempat perlindungan sementara dapat diberikan kepada pelarian-pelarian (refugees) jika mereka berada dalam bahaya atau untuk menyelamatkan mereka dari amukan massa atau permusuhan. Seorang yang telah mendapat perlindungan harus diserahkan kepada para pejabat setempat jika Ia diminta berdasarkan tujuan kejahatan atau adanya surat perintah penangkapan yang telah dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.
Kasus kelima pemuda Timor Timur yang mencari suaka di gedung perwakilan asing di jakarta beberapa waktu yang lalu sebagaimana dikemukakan diatas, nampaknya terdapat perbedaan penafsiran terhadap status pencari suaka. Disatu pihak Indonesia menganggap bahwa kelima pemuda Timor Timur tersebut sebagai anggota Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) yang melakukan tindak kriminal biasa, sehingga mestinya kantor perwakilan asing tidak perlu mengabulkan permintaan suaka kelima pemuda Timor Timur tersebut, apalagi jika pemerintah Indonesia telah meminta secara resmi penyerahan terhadap kelima pemuda Timor Timur kepada perwakilan asing itu atas dasar tuduhan melakukan tindak pidana biasa. Tetapi dilain pihak, kantor perwakilan asing di jakarta tersebut mendapat pengakuan dari kelima pemuda Timor Timur bahwa mereka adalah anggota clendestein (gerakan bawah tanah) yang melakukan kegiatan politik melawan pemerintah RI, yang keselamatannya terancam. Jika pengakuan kelima pemuda Timor Timur benar, maka jelas kantor Kedutaan Besar atau kantor perwakilan asing tersebut tidak bisa mencegah permintaan suaka kelima pemuda Timor Timur tersebut. Dengan demikian, kasus semacam ini sebenarnya jika diselesaikan secara yuridis memang agak sulit mendapatkan rujukan formalnya, sebab sampaio saat ini belum ada ketentuan internasional yang universal dan seragam mengenai bisa tidaknya suaka diberikan di wilayah-wilayah perwakilan diplomatik. Barangkali agak lebih mudah jika penyelesaian kasus semacam itu melalui penyelesaian politis. Selain itu, Indonesia belum pernah mempraktikkan pemberian suaka diplomatik kepada mereka yang terlibat dal;am kejahatan politik maupun untuk menyelematkan kehidupan mereka yang tidak berdsosa, sebab sejauh ini penulis belum pernah menemukan kasus-kasus dimana misi diplomatik Indonesia di luar negeri memberikan suaka di dalam gedung perwakilannya, baik kepada mereka yang tersangkut kejahatan politik, kejahatan biasa, maupun dalam usaha menyelematkan orang-orang yang tidak berdosa dari amukan massa.
Sedikitnya tujuh warga Papua dibawah pimpinan mantan Tapol/Napol, Sem Yaru menggelar aksi demo damai di depan pagar kantor konsulat PNG, Jumat (30/5). Kedatangan mereka untuk meminta suaka politik ke RRC. Aksi ini berlangsung sejak pukul 09.00 Wit hingga 11.00 Wit dengan membawa spanduk bertuliskan ‘‘ Rakyat Papua Miskin 200 Orang Minta Suaka ke Negara Cina, RRC. ’’ Aksi ini sebagai bentuk rasa kecewa terhadap pemerintah Papua, dimana warga Papua yang tinggal di kota Jayapura kurang diperhatikan. Padahal, tiap tahun dana otsus triliun dikucurkan pemerintah pusat ke Papua.  Begitu ketujuh warga Papua tiba didepan kantor konsulat PNG langsung melakukan orasi yang ditunjukan kepada pimpinan konsulat PNG agar keinginan mereka bisa dipenuhi. Sayangnya, aksi mereka tersebut tidak mendapat perhatian dari konsulat Papua New Guine. Mereka sendiri tidak berhasil menemui pihak konsulat. Tak pelak kekecewaan nampak jelas di wajah mereka. 

BAB IV
PENUTUP
Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan diatas, maka dapatlah kiranya ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.  Bahwa suaka (asylum) adalah perlindungan yang diberikan oleh suatu negara di wilayahnya atau disuatu tempat lain yang berada dibawah pengawasan dari organ-organ di negara tersebut kepada seseorang yang datang meminta perlindungan. Suaka dapat dibedakan atas suaka territorial (territorial asylum) dan suaka extra territorial (extra territorial asylum), dalam hal ini suaka diplomatik (diplomatic asylum).
2. Dalam hukum internasional suaka territorial pada prinsipnya tidak menimbulkan permasalahan, karena hak suatu negara untuk memberikan perlindungan dalam batas-batas wilayahnya merupakan konsekuensi dari kedaulatandan yurisdiksi territorial, dalam hal ini suaka diplomatic . bahwa praktik suaka diplomatik tidak mempunyai dasar dalam hukum internasional pada umumnya, hukum diplomatik (Vienna Convention on diplomatic relation) pada khususnya. Walaupun gedung kedutaan atau perwakilan diplomatik memiliki kekebalan terhadap yurisdiksi negara penerima dan prinsip inviolabilitet berlaku terhadap tempat tersebut, namun suaka diplomatik tidak diakui sebagai hak Kepala Perwakilan untuk memberikannya kepada para pelaku kejahatan, terutama kejahatan politik. 
3. Hukum internasional tidak ada kewajiban bagi kepala perwakilan untuk menolak orang-orang yang ingin mendapat tempat perlindungan (refuge) dalam Kedutaan Besar. Kepala Perwakilan tidak diwajibkan untuk menolak mereka yang mau berlindung di dalam tempat perwakilan diplomatik. Apa yang harus dilakukannya ialah menyerahkan orang itu kepada pejabat yang berwenang bilamana  yang bersangkutan dituduh karena kejahatan kriminal dan perintah penangkapan telah dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari negara penerima. 
4. Kepala Perwakilan Diplomatik tidak mempunyai hak untuk memberikan suaka diplomatik, baik kepada pelaku kejahatan politik (political offender, political refuge) maupun kepada pelaku kejahatan biasa atau buronan polisi, namun dilain pihak, Kepala Perwakilan tidak dibebani kewajiban untuk menolak mereka yang mau mencari tempat perlindungan atau memasuki tempat perwakilan untuk berlindung.


DAFTAR PUSTAKA
Asshiddiqie Jimly, Demokrasi Dan Hak Asasi Manusia,  Materi yang disampaikan dalam studium general pada acara The 1st National Converence Corporate Forum for Community Development, Jakarta, 19 Desember 2005.
 Iman Prihandono, Pemberian Suaka Oleh Negara : Kasus Pemberian Suaka Oleh Pemerintah Australia Kepada 42 WNI Asal Papua Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Kusumaatmadja, Mochtar dan Etty R. Agoes, Pengantar Hukum Internasional. Bandung: Alumni, 2003.
Kenterian Pertahanan RI.2010, Malaysia Minta Pengertian UNHCR Soal Pengungsi Aceh
Raharjo, Suryawan, 2011, Modul Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum Universiatas Janabadra Yogyakarta. 
Suryokusumo, Sumaryo, 1995, Hukum Diplomatik Teori Dan KasusBandung, Alumni. 
Widagdo Setyo, Suaka Diplomatik Dalam Perspektif Hukum Internasional, Jurnal Arena Hukum Nomor 6 Tahun 2, November 1998. 
-------------------, Ensiklopedia bebas, 2011, Wikipedia bahasa Indonesia
UU No.24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional: Kekuasaan Hubungan Luar Negeri Presiden (FOREIGN POWER OF THE PRESIDENT)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar